ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING

Saskia, Ega (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 bekasi.

[img] Text
Pendahuluan Ega.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Bab I ega .pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II Ega.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Ega .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Ega.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Ega .pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ega.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ega Saskia Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Judul : Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar yang masih rendah. Hal ini ditandai oleh banyaknya siswa tidak percaya diri saat berbicara, siswa terbata-bata saat berbicara, pelafalan kurang jelas saat berbicara, siswa berkeringat dingin ketika berbicara didepan kelas, siswa saat kegiatan berbicara siswa merasa gugup, malu, dan kurang rileks saat berbicara di depan kelas, siswa diminta berbicara menceritakan pengalamannya siswa cenderung malu, dan bingung apa saja yang harus disampaikan, dan siswa belum menguasai faktor-faktor kebahasaan, seperti ketepatan bunyi bahasa, dan intonasi,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) yang menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasi yang berkaitan dengan penggunaan metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Sampel analisis adalah 19 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang sepuluh tahun terakhir yaitu 2012-2022. Dari ke-19 artikel jurnal tersebut kemudian dianalisis dari berbagai aspek yakni : (1) Berdasarkan metode penelitian yang digunakan yaitu PTK, Eksperimen, Dan studi kepustakaan, (2) Berdasarkan Wilayah penelitian yang terdapat 12 provinsi di Indonesia yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Bali, dan Sumatera Selatan, (3) Berdasarkan tahun penelitian yaitu pada tahun 2012-2022, (4) Berdasarkan indikator keterampilan berbicara, (5) Berdasarkan berbantuan media dan tidak berbantuan media, (6) Berdasarkan penerapan disekolah kelas rendah dan kelas tinggi. Berdasarkan hasil analisis, metode pembelajaran role playing terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian memberikan rekomendasi dalam penerapan metode role playing di kelas rendah dan di kelas tinggi sekolah dasar, kemudian pada pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran sebaiknya guru melakukan ice breaking sebelum menjelaskan materi pembelajaran, Dan guru menyediakan tempat dan waktu yang akan digunakan untuk bermain peran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDRini endah, Sugiharti0411097804
Keywords / Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Subjects: Deskriptif
Pendidikan
Depositing User: Ms. Ega Saskia
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:04
Last Modified: 07 Aug 2023 07:04
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item