Analisis Perbandingan Penjas dan Olahraga

Asmawi, M.Pd, Prof. Dr. Moch and Dr. Samsudin,.M.Pd, Dr. Samsudin,.M.Pd (2021) Analisis Perbandingan Penjas dan Olahraga. Akademia Pustaka, Tulungagung. (Unpublished)

[img] Text
Buku Analisis Perbandingan Penjas dan Olahraga.pdf

Download (7MB)

Abstract

A. Pendahuluan 1. Pengertian Pendidikan Jasmani Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Melalui aktivitas jasmani anak akan memperoleh berbagai macam pengalaman yang berharga untuk kehidupan seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerjasama, keterampilan, dsb. Aktivitas jasmani untuk pendidikan jasmani ini dapat melalui olahraga atau non olahraga. Pengertian pendidikan jasmani telah banyak diterangkan oleh para ahli pendidikan jasmani diantaranya adalah: Sukintaka menyatakan bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian yang integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai tujuan untuk mengembangkan kebuaran jasmani, mental sosial, serta emosional dalam kerangka menuju manusia Indonesia seutuhnya dengan wahana aktivitas jasmani sehingga pengertian pendidikan jasmani adalah proses interakasi antara peserta didik dengan lingkungan melalui aktivitas jasmani yang disusun secara sistematis untuk menuju manusia Indonesia seutuhnya. SK Mendikbud nomor 413/U/1987 menyebutkan bahwa pendidikan jasmani adalah bagian yang integral dari pendidikan melalui aktivitas jasmani yang bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuscular, intelektual, dan emosional. Rusli Lutan menyatakan bahwa pendidikan jasmani dapat diartikan sebagai proses sosialisasi melalui aktivitas jasmani, bermain, dan atau olahraga untuk mencapai tujuan pendidikan Agus Mahendra menyatakan bahwa pendidikan jasmani adalah proses pendidikan tentang dan melalui jasmani, permaianan dan dari berbagai pendapat tadi jelaslah bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya melalui aktivitas jasmani. Melalui aktivitas jasmani ini peserta didik memperoleh beragam pengalaman kehidupan yang nyata sehingga benar- benar membawa anak kearah sikap tindakan yang baik.

Item Type: Book
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDTaufik, S.Si. M.Pd, Muhamad SyamsulUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWijayanto, S.Or .,S.Kom.,M.Pd.,AIFO, Dr. AdiUNSPECIFIED
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Panduan
Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: ms ria anggraheni
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:46
Last Modified: 25 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item