ANALISIS MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Napsiyah, Napsiyah (2023) ANALISIS MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan_Napsiyah.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Bab 1_Napsiyah.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Bab 2_Napsiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3_Napsiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4_Napsiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5_Napsiyah.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Napsiyah.pdf

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Napsiyah NPM : 41182109190032 Judul : Analisis Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditandai dengan siswa kurang memahami kosakata bahasa Indonesia yang baku, kurang dapat mengungkapkan gagasan atau ide akibat kurang percaya diri, suara siswa cenderung kecil ketika diminta untuk berbicara, selain itu siswa membaca teks percakapan dengan datar tanpa intonasi atau tekanan, dan siswa masih terbata-bata, malu dan ragu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan Model pembelajaran Role Playing terhadap meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis hasil-hasil yang telah di publikasi yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar. Dari sampel 12 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang sepuluh tahun terakhir yaitu tahun 2013-2023. Dari 12 artikel jurnal tersebut kemudian dianalisis dari berbagai aspek yaitu : (1) Ditinjau dari metodologi penelitian yang digunakan, (2) Ditinjau dari wilayah jurnal, (3) Ditinjau berdasarkan indikator keterampilan berbicara pada artikel jurnal dan teknik pengumpulan data, (4) Ditinjau berdasarkan penerapan model pembelajaran Role Playing berbantuan media dan tidak berbantuan media. Berdasarkan analisis model pembelajaran Role Playing terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan rekomendasi pelaksanaan model pembelajaran Role Playing di semua kelas yaitu kelas atas dan kelas bawah, menerapkan model pembelajaran Role Playing di sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran berupa flash card. Kata Kunci : Model pembelajaran Role Playing, Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRima, Rikmasari0404108202
UNSPECIFIEDYudi, Budianti0424017102
Keywords / Kata Kunci: Model pembelajaran Role Playing, Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Subjects: Deskriptif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Napsiyah Napsiyah
Date Deposited: 04 Aug 2023 10:06
Last Modified: 04 Aug 2023 10:06
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item