EFEKTIVITAS PENANGANAN PENGADUAN MELALUI CITIZEN RELATIONSHIP MANAGEMENT DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

Nurtrisna, Intan Seffira (2023) EFEKTIVITAS PENANGANAN PENGADUAN MELALUI CITIZEN RELATIONSHIP MANAGEMENT DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (784kB)

Abstract

Citizen Relationship Management (CRM) merupakan prоgrаm ѕmаrt gоvеrnmеnt sistem pеngаduаn mаѕyаrаkаt di Prоvіnѕі DKІ Jаkаrtа untuk mеnаmpung dаn mеnіndаklаnjutі lаpоrаn wаrgа ѕеrtа mеmbаntu dіnаѕ dаn kеlurаhаn аgаr dаpаt bеrkооrdіnаѕі dаn mеnyеlеѕаіkаn lаpоrаn wаrgа dеngаn lеbіh mudаh untuk meninjau kinerja sebagai evaluasi agar pembangunan pelayanan publik menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini menganalisis efektivitas penanganan pengaduan aplikasi citizen relationship management (CRM) dengan 13 kanal pengaduan yaitu JAKI, Twitter@dkijakarta, Facebook@PemprovDKIJakarta, WA 08811272206, Balai Kota, Kantor Inspektorat, Kantor Walikota, Kantor Camat, Kantor Lurah, Aspirasi Publik Media Massa, Lapor 1708, Media Sosial Gubernur dan Wakil Gubernur, dan dki@jakarta.go.id. Menganalisis persepsi unit jakarta smart city dalam meningkatkan pelayanan publik dengan adanya aplikasi pengaduan citizen relationship management (CRM) menuju smart city, dan menganalisis persepsi masyarakat provinsi DKI Jakarta dengan adanya aplikasi pengaduan citizen relationship management (CRM). Peneliti mengkaji hal ini dengan menggunakan paradigma konstruktivisme serta metode penelitian kualitatif yang disertai desain penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang meliputi: observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik perekrutan informan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pencapaian tujuan telah diatur pada RPJMD, integrasi berjalan dengan baik, adaptasi sebelumnya peningkatan signifikan dengan partisipasi masyarakat meningkat. Persepsi dengan adanya citizen relationship management (CRM) memudahkan kordinasi antar aparatur pemerintah. Persepsi masyarakat merasa terbantu dan meningkatkan kepercayaan terhadap aparatur bahwa tindak lanjut dari laporan nya mendapatkan hasil yang diinginkan. Kata kunci: Efektivitas; citizen relationship management; smart city

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorWidyastuti, Mita0429056501
Keywords / Kata Kunci: Efektivitas; citizen relationship management; smart city
Subjects: Kebijakan
Pelayanan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara S1
Depositing User: Ms. Intan Seffira Nurtrisna
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:18
Last Modified: 26 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item