Yunitasari, Ana (2023) Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernitas Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Society 5.0. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
Abstract
Ana Yunitasari. 41182911190085. PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG MODERNITAS PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY 5.0 Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam "45" Bekasi. 2023 M/1444 H. (145 halaman). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman terhadap Pendidikan di era Society 5.0. Permasalahan adanya modernitas yang menyebabakan masyarakat akan lebih tertutup dan was-was (apatis) karena dampak perkembangan teknologi, serta mengubah tatanan pendidikan yang menimbulkan keresahan dunia bahwa kecanggihan teknologi memunculkan kekhawatiran dalam keberlangsungan hidup seperti pekerjaan yang akan tergantikan dari produk teknologi seperti robot. Berdasarkan permasalahan tersebut, sangat jelas betapa krusial perubahan pendidikan saat ini terlebih pada perkembangan pendidikan Islam di era society 5.0. Fazlur Rahman merupakan ilmuwan Islam yang dalam beberapa karyanya membahas seputar modernitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan fokus mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam fazlur Rahman yang terdapat dalam bukunya Islam dan Modernitas Tentang Transformasi Intelektual. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil temuan dari penelitian ini adalah adanya nilai-nilai pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman yaitu, Al Qur'an sebagai sumber konsep pendidikan, pencerahan moral dan karakter intelektualisme Islam, pendidikan yang mengantarkan kreativitas, inovatif, berpikir kritis, dan berkolaborasi. Ditemukan juga bahwa nilai- nilai tersebut cukup relevan terhadap karakteristik pendidikan di era Society 5.0 seperti transformatif dalam memelihara sosial-historis positif dalam pendidikan Islam dan kontekstual dalam pendidikan Islam. Kata Kunci: Pendidikan, Islam, Fazlur Rahman
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci: Pendidikan, Islam, Fazlur Rahman | ||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. Ana Yunitasari | ||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:36 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:36 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3003 |
Actions (login required)
View Item |