Arrahim, Arrahim and Kamalia, Nurul (2019) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN AREN JAYA VIII BEKASI TIMUR. Jurnal Pedagogik, 7 No.1. pp. 10-16. ISSN 2337-7496 (Unpublished)
Text
Peer Review.pdf Download (1MB) |
|
Text
Arrahim, Nurul Kamalia.pdf Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika melalui model pembelajaran Open Ended Learning pada siswa kelas IV SDN Aren Jaya VIII Bekasi Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung selama dua siklus dimana setiap siklusnya tiga kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar checklist dan tes tertulis berupa uraian yang diberikan pada akhir pembelajaran setiap pertemuan kedua. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang dilihat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yaitu 39,75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 3,13%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 59,84 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 46,88%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas |
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | ms ria anggraheni |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/288 |
Actions (login required)
View Item |