PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT DARUL HASANI KABUPATEN BEKASI

Arrahim, Arrahim and Widayanti, Nurul (2018) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT DARUL HASANI KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pedagogik, 6 No.2. pp. 134-143. ISSN 2337-7496 (Unpublished)

[img] Text
Peer Review.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arrahim, Nurul Widayanti.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika kelas IV semester ganjil di SDIT Darul Hasani Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang untuk kelas eksperimen I dan 27 orang untuk kelas eksperimen II. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,37 dan ttabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 sebesar 2,00. Dari hasil nilai rata-rata posttest pada kelas ekperimen I sebesar 79,25 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen II sebesar 86,07. Karena thitung ≥ ttabel (2,37 > 2,000) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil perhitungan N- Gain pemahaman konsep siswa kelas eksperimen I memperoleh nilai sebesar 0,74 berkategori “tinggi”, dan hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen II memperoleh nilai sebesar 0,77 berkategori “tinggi”. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDIT Darul Hasani Kabupaten Bekasi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Model Pelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pelajaran Realistic Mathetamic Education (RME).

Item Type: Article
Subjects: Eksperimen
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ria anggraheni
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:46
Last Modified: 21 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item