PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI WANASARI 14 CIBITUNG - BEKASI

Arrahim, Arrahim and Amalia, Serly (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI WANASARI 14 CIBITUNG - BEKASI. Jurnal Pedagogik, 6 No.1. pp. 21-30. ISSN 2337-7496 (Unpublished)

[img] Text
Peer Review.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arrahim, Serly Amalia.pdf

Download (748kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran matematika kelas IV semester ganjil SD Negeri Wanasari 14 Cibitung - Bekasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang. Pada siklus I nilai rata-rata 58.9 dan persentase ketuntasan 65% kategori “cukup”, siklus II nilai rata- rata 77.12 dan persentase ketuntasan 77.5 % kategori “baik”, dan siklus III nilai rata- rata 88.62 dan persentase ketuntasan 92.5% kategori “sangat baik”. Hal ini menujukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SD Negeri Wanasari 14 Cibitung - Bekasi. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ria anggraheni
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:23
Last Modified: 21 Jul 2022 06:28
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item