Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Sekolah Dasar

Shiddiq, Badriana Nurjanah (2023) Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Sekolah Dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa sekolah dasar masih rendah, hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran monoton masih menggunakan model konvensional yang hanya didominasi oleh guru dengan materi serta belum kreatif dan inovatif terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Literature Review. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber data yang didapatkan dari jurnal ilmiah di mana variabel yang diangkat adalah problem based laerning, hasil belajar Pkn, dan siswa sekolah dasar. Pencarian jurnal ilmiah disesuaikan dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Berdasarkan dari hasil analisis 12 jurnal ilmiah yang didapatkan menunjukan bahwa penggunaan problem based learning sangat efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian – penelitian referensi tedahulu, pembahasan masalah hasil belajar, langkah dan penerapan model pembelajaran problem based learning serta kendala dan solusi penerapan model pembelajaran problem based learning. Hasil belajar PKn siswa siswa PKn siswa sekolah dasar mengalami peningkatan setelah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan model pembelajaran problrm based learning, selain dapat meningkatkan hasil belajar model ini berpengaruh terhadap hasil aktivitas siswa selama pembelajaran PKn berlangsung menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
Subjects: Hukum Islam
Psikologi Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Badriana Nurjanah
Date Deposited: 05 May 2023 09:17
Last Modified: 08 May 2023 08:32
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item View Item