PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KPK DAN FPB DI SEKOLAH DASAR

Nabila Fauziah Assa'adah, Putri (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KPK DAN FPB DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
1.1 Cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya nilai hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa di sekolah dasar. Disebabkan oleh, kurangnya penggunaan media belajar, sumber belajar, dan kurangnya interaksi antar guru dan murid sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dari penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (System Literature Riview). Data yang didapatkan untuk penelitian ini bersumber dari artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dipilih dan diambil untuk selanjutnya di analisis. Dari hasil pencarian yang dilakukan di Google Scholer ditemukan 12 artikel ilmiah yang selanjutnya di analisis berdasarkan 10 tahun terakhir terbit. 12 artikel ini terdiri dari penelitian experimen dan PTK. 8 artikel berupa experimen dan 4 artikel lainnya berupa PTK. Dari ke 12 artikel tersebut didapati bahwa penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB siswa di sekolah dasar. Adapun, hasil analisi yang didapati dari 12 artikel penelitian adalah terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien serta pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. Kemudian, tercapainya indikator hasil belajar. Berupa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dengan penggunaan media dakon didapati hasil bahwa siswa dapat mengembangkan pengetahuan, melatih intelektual, melatih dan mengembangkan keterampilan serta bersikap kritis, dan mampu mengembangkan lifeskill. Kata Kunci: media dakon, hasil belajar, matematika, sekolah dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
UNSPECIFIEDEndah Sugiharti, Rini0411097804
Keywords / Kata Kunci: media dakon, hasil belajar, matematika, sekolah dasar
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Putri Nabila
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:40
Last Modified: 06 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item