PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR

Mursyid, Dede Husnil (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Mursyid, Dede Husnil. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi. Pembimbing Skripsi: Arrahim, M.Pd, Dr. Aningsih, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di berbagai wilayah Indonesia yang masih rendah. Permasalahan yang dihadapi adalah hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika masih sangat kurang ditambah lagi karena guru mengajar secara monoton, kurang menarik, siswa kurang aktif, kegiatan belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah, dan media masih sangat kurang dan bahan belum tersedia sehingga hasil belajar juga sangat rendah. Bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Kemudian hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kogintif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Metode Systematic Literature Review adalah metode yang merujuk pada metodologi penelitian atau riset tertentu dan pengembangan yang dilakukan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus tertentu. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Script pada matapelajaran Matematika disekolah dasar. Berdasarkan dari ketujuh artikel jurnal yang menjadi referensi dalam penelitian ini, dianalisis berdasarkan aspek : metode penelitian yang dipakai, wilayah jurnal, penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika dikelas bawah dan kelas atas, materi pembelajaran matematika yang di gunakan. Kesimpulannya Cooperative Script merupakan scenario pembelajaran Cooperative artinya, setiap siswa mempunyai peran dalam saat diskusi berlangsung. Rekomendasi pada model Cooperative Script ini adalah dengan menggunakan penerapan media pembelajaran Tali Perkalian yang bertujuan untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Materi Tali Pekalian ini khusus pada siswa sekolah dasar. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Cooperative Script, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Cooperative Script, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Mr. Dede Husnil
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:07
Last Modified: 24 Feb 2023 04:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item View Item