PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Wahyuningsih, Ririn (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
1. Pendahuluan Skripsi Ririn.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I Skripsi Ririn.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. BAB II Skripsi Ririn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Skripsi Ririn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV Skripsi Ririn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V Skripsi Ririn.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA Skripsi Ririn.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar. Permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA disebabkan oleh kurang terlibatnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran masih berfokus kepada guru dan penyampaian materi hanya berpusat kepada buku. Kondisi demikian dapat menjadikan model pembelajaran Learning Cycle 5E sebagai solusi untuk mengatasi rendahnya hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Karena model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa sehingga siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, Model pembelajaran ini mengarahkan siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuan sendiri melalui berbagai percobaan, pengalaman dan observasi sehingga siswa dapat lebih paham dan mengingat pengetahuan yang didapat dan dapat mengembangkan sikap ilmiah siswa terhadap lingkungan alam dan keterampilan yang dimiliki sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan yang berkaitan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Sampel analisis pada penelitian ini menggunakan 10 jurnal yang telah diterbitkan dengan rentang tahun 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2012 sampai tahun 2022, yang didalamnya terdapat 6 jurnal yang menggunakan metode penelitian eksperimen dan 4 jurnal yang menggunakan metode penelitian PTK. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam kajian literatur review dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar, khususnya untuk kelas tinggi. Dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E siswa dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, siswa dapat mengembangkan sikap ilmiah belajar siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan tujuan hasil belajar siswa tercapai. Berdasarkan hasil temuan analisis terdapat perbedaan hasil dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E yaitu perbedaan pada langkah –langkahnya, tetapi secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat memberikan pengaruh yang besar dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, IPA, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
Keywords / Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, IPA, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Studi Langsung Media dan Industri Kreatif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Ririn Wahyudiningsih
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:44
Last Modified: 21 Feb 2023 08:44
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item