KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL PERSPEKTIF MUHAMMAD NATSIR

RAHMANI, ALYA (2022) KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL PERSPEKTIF MUHAMMAD NATSIR. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM '45' BEKASI.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Alya Rahmani, Konsep Pendidikan Integral Prespektif Mohammad Natsir. Skripsi, Bekasi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam “45” Bekasi, 2020. Penulis mengambil pemikiran Muhammad Natsir tentang pendidikan integral sebagai pijakan atau alat analisa untuk meihat pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Untuk kemudian dapat memberikan suatu tawaran atau solusi dari hasil analisa yang diperoleh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana konsep pendidikan integral prespektif Muhammad Natsir, bagaimana implementasi pendidikan integral prespektif Muhammad Natsir, dan mengapa pendidikan integral menurut pemikiran Muhammad Natsir harus di implementasikan. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : deduktif, induktif, historis dan kontekstual. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian pustaka (Library research) dengan pendekatan deskriptif-analisis terhadap data (premier dan sekunder) yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemikiran Muhammad Natsir tentang pendidikan integral adalah model pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, kesinambungan itu dibuktikan dengan tidak mempertentangkan anatara barat dan timur. Islam hanya mengenal antagonis antara hak dan bathil. Semua yang hak itu ia terima, biarpun datangnya dari barat, dan semua yang bathil akan ia singkirkan walaupun datangnya dari timur. Dengan pendidikan integral tercipta anak didik yang mementingkan ruhani dan jasmani. Untuk mengimplementasikan pendidikan integral kurikulum yang dipakai adalah kurikulum nasional dan kurikulum agama. Serta melaksanakan kesinambungan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi, kesinambungan antara badan dan roh. Pada sekolah umum harus memasukan pendidikan agama secara seimbang, begitu juga sekolah lembaga agama (pesantren) harus memasukkan kurikulum nasional secara seimnbang pula. Konsep pendidikan integral Muhammad Natsir ini merupakan ide untuk pembaharuan pendidikan Agama Islam, yang sekarang semakin banyak kaum sekuler ingin memisahkan agama dari kehidupan. Pada dasarnya PAI saat ini masih didiskriminasikan dalam pendidikan nasional. Sehingga peran PAI tidak terlalu Nampak dampaknya kepada anak didik. Oleh karenanya pendidikan integral Muhammad Natsir ini dilakukan dengan berlandaskan tauhid agar perjalan pendidikan di negri Indonesia ini berjalan tidak hanya memikirkan duniawi saja akan tetapi ukhrawinya juga.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSITI, ASIAH2020067401
Keywords / Kata Kunci: KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL PERSPEKTIF MUHAMMAD NATSIR
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Alya Rahmani
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:22
Last Modified: 03 Jan 2023 08:21
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item