Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Dengan Pendekatan Bermain Untuk siswa Kelas V Di SD Negeri Ceger 02 Pagi Jakarta Timur

Suteja, Bambang (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Dengan Pendekatan Bermain Untuk siswa Kelas V Di SD Negeri Ceger 02 Pagi Jakarta Timur. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
Cover-Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I-Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II-Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Skripsi-Bambang Suteja(sidang).pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi-Bambang Suteja(Sidang).pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan pendekatan bermain dapat hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas V.b SD Negeri Ceger 02 Pagi Jakarta Timur. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah, siswa kelas kelas V.b SD Negeri Ceger 02 Pagi Jakarta Timur 28 orang. Hasil penelitian telihat peningkatan hasil belajar renang gaya dada, obervasi awal menunjukkan hanya 9 orang (32%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan hasil menunjukkan 14 orang siswa (50%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 23 orang siswa (82%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 75% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 82% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran dari hasil pengamatan kolaborator, mulai dari membuka sampai menutup pembelajaran renang gaya dada dengan pendekatan bermain. Terbukti dengan peningkatan proses pembelajaran guru yang signifikan selama adanya perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran dalam dua siklus. Terlihat guru mampu memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran renang gaya dada. Guru mampu mengelola kelas dengan baik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat terkontrol dan guru mampu menciptakan suasana kegiatan pembelajaran bagi siswa yang menyenangkan, sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran renang gaya dada.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRidlo, Azi FaizUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Hasil Belajar, Renang Gaya Dada, Pendekatan Bermain dan Siswa Kelas V SD
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: Users 449 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:19
Last Modified: 05 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item